Home » » Keselarasan Jenis Sangkar Burung

Keselarasan Jenis Sangkar Burung

Seputar Sangkar Burung | Jumat, Desember 14, 2012 | 0 komentar
Sebenarnya topik artikel ini hampir sama dengan tulisan artikel terdahulu yaitu tentang cara pemilihan sangkar burung yang baik. Akan tetapi hal ini tetap menjadi bahasan yang menarik. Jika anda merupakan salah satu penghobi memelihara burung, maka anda harus tahu betul tentang jenis sangkar burung. Karena sangkar burung sangat berpengaruh dalam perawatan burung kesayangan.
Mungkin jenis sangkar burung yang anda pilih untuk burung peliharaan tampak tidak begitu penting. Namun demikian, hal tersebut merupakan anggapan yang salah. Sangkar burung sangatlah penting, terutama bagi para penggemar burung berkicau (kicau mania). Bukan hanya agar enak dipandang, akan tetapi kebersihan dan tipe sangkar burung yang representatif merupakan kebutuhan yang harus selalu kita perhatikan. Sangkar burung yang bersih dan nyaman membuat burung akan betah dan sehat. Tentu saja jika anda tidak menjaga kebersihannya akan menimbulkan penyakit, menurunkan selera makan burung, dan bahkan akhirnya bisa mati.
Karakter fisik burung peliharaan, semisal burung beo yang rata-rata memiliki perawakan besar, jika disimpan dalam sangkar burung yang terlalu kecil akan menghambat pergerakannya. Hal ini dapat menimbulkan stres bagi burung peliharaan karena ruang geraknya yang terbatas. Begitu juga sebaliknya dengan burung yang memiliki fisik kecil, seperti Kenari, yang disimpan dalam sangkar burung yang besar. Burung tersebut akan menjadi terlalu aktif dan akhirnya mempengaruhi performa suara kicauannya. Ini yang mendorong mengapa jenis sangkar burung sangat penting.
Terdapat beberapa jenis sangkar burung yang umumnya digunakan antara lain, jenis sangkar burung kenari, sangkar burung perkutut, dan sangkar burung ocehan. Untuk sangkar burung kenari, biasanya berbentuk seperti tabung dengan ukuran yang tidak terlalu luas, sesuai dengan ukuran fisik burung kenari yang kecil, dan biasanya terbuat dari kayu atau bambu. Selanjutnya adalah jenis sangkar burung perkutut. Untuk jenis sangkar burung ini, biasanya agak luas karena sifat burung perkutut yang aktif.
Burung perkutut senang dengan tempat yang teduh, maka jenis sangkar-nya biasanya juga beratap, dengan tempat bertengger di tengah-tengah sangkar. Material jenis sangkar ini biasanya dari bambu. Yang terakhir, jenis sangkar burung ocehan, biasanya agak besar dan terbuat dari kawat atau besi. Alasnya biasanya dibiarkan terbuka agar mudah membersihkan kotorannya. Jenis sangkar burung yang bersih, representatif dan sesuai dengan karakteristik burung peliharaan anda akan sangat menunjang kesehatan, keindahan, dan aktivitas burung peliharaan anda.
Bila anda penghobi memelihara burung maka kegiatan yang berhubungan dengan burung peliharaan akan selalu menjadi hal yang menarik. Maka aktivitas pemilihan jenis sangkar burung tidak boleh dianggap remeh. Karena proses perawatan burung peliharaan kita sangat bergantung pada sangkar burung yang tepat. Jika sangkar burung yang kita punya tidak tepat dengan kondisi burung peliharaan maka bukan tidak mungkin burung kesayangan kita tidak akan mengeluarkan bunyi bahkan dapat mengalami stres. Selanjutnya kita akan membahas tips membersihkan wadah pakan dan minum.
Share this article :

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Tempat Berbagi Ide Tentang Sangkar Burung | Artikel Seputar Sangkar Burung Ukir - All Rights Reserved - Privasi
Proudly powered by Blogger