Home » » Pengaruh Alas Sangkar Burung Terhadap Ekor Burung

Pengaruh Alas Sangkar Burung Terhadap Ekor Burung

Seputar Sangkar Burung | Jumat, November 30, 2012 | 0 komentar

Seringkali ketika kita akan membeli sangkar burung untuk burung peliharaan, kita menjumpai 2 macam penutup seperti yang telah saya jelaskan dalam artikel Tips Pemeriksaan Sangkar Burung. Hal ini biasa terjadi, karena kandang burung yang sering dibuat dan dijual memiliki pola seperti itu. Bila burung peliharaan kita memiliki ekor kecil seperti ciblek, prenjak atau tledekan, pemilihan sangkar burung dengan pola penutup sangkar seperti itu tidak akan berpengaruh banyak terhadap ekor burung. Lain halnya bila kita memelihara burung dengan ekor sedang maupun panjang. Untuk kondisi seperti ini alas sangkar burung sangat berpengaruh terhadap ekor burung yang kita pelihara.

Burung-burung dengan ekor sedang (anis merah, cendet, kacer) maupun ekor panjang (cucakrowo, murai batu) akan mengalami kesulitan dengan pola penutup alas sangkar burung, dimana bagian yang ada jerujinya ditaruh diatas lembaran papan/tripleks/seng. Ada beberapa alternatif yang dapat dipakai untuk menyiasati kondisi tersebut. Yang pertama bisa dibuatkan potongan kain karpet yang tipis dan ditaruh diatas penutup yang ada jerujinya. Untuk ukurannya tidak lebih panjang dari keliling penutup jerujinya. Bilamana kita tidak ingin repot, kita dapat menggunakan alternatif yang lain yaitu menukar urutan 2 penutup sangkar. Penutup berupa lembaran papan/tripleks/seng ditaruh diatas penutup yang ada jerujinya.


Memang untuk alternatif yang kedua memiliki resiko burung akan memakan makanan yang jatuh di lembaran papan/tripleks/seng. Tetapi tidak salahnya kalau kita mencoba alternatif ini, toh burung lambat laun akan menyadari makanan mana yang dapat dikonsumsi maupun tidak. Kondisi ini memang yang paling mudah serta tidak memerlukan tambahan kerja lagi. Tentunya kita tidak menginginkan ekor burung peliharaan kita rusak karena pola alas sangkar burung ini. Karena kondisi ekor burung juga berpengaruh atas kualitas suara burung itu sendiri. Bila ekor burung rusak, kemungkinan burung tidak akan bersuara lagi bahkan menderita stres. Demikianlah artikel ini dan semoga bermanfaat. Topik selanjutnya akan membahas cara membersihkan sangkar burung yang baik.
Share this article :

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Tempat Berbagi Ide Tentang Sangkar Burung | Artikel Seputar Sangkar Burung Ukir - All Rights Reserved - Privasi
Proudly powered by Blogger