Home » » Kiat Membersihkan Sangkar Burung Ideal

Kiat Membersihkan Sangkar Burung Ideal

Seputar Sangkar Burung | Jumat, Desember 07, 2012 | 0 komentar
Kita telah membahas cara pemilihan sangkar burung yang baik, tips pemeriksaan sangkar burung secara berkala serta pengaruh alas sangkar burung atas ekor burung peliharaan kita. Kali ini kita akan melihat bagaimana membersihkan sangkar burung yang ideal. Sangkar burung bisa menjadi sumber penyakit jika tidak dijaga kebersihannya. Kotoran burung bisa menarik serangga yang membawa penyakit datang. Minimalkan penyebaran kuman dan penyakit dengan rutin membersihkan sangkar burung. Cara terbaik untuk membersihkan kandang burung adalah buatlah jadwal harian dan secara rutin mengerjakannya. Berikut cara membersihkan sangkar burung yang baik.
1.    Sangkar burung biasanya memiliki alas dibawahnya. Coba letakkan selembar karpet (tidak terlalu tebal) atau gunakan liners khusus yang dapat dibeli di toko yang menjual produk perawatan hewan. Kemudian potong dengan ukuran luas yang sama dengan alas sangkar dan diletakkan diatas alas sangkar yang tidak ada jerujinya. Hal ini akan membantu menangkap kotoran burung dan memudahkan kita ketika membersihkan sangkar burung.
2.    Bersihkan lapisan karpet atau liners khusus setiap hari, terutama bagi burung yang sering mengeluarkan kotoran. Minimal dibersihkan 1 hari sekali. Bila kotoran burung tidak terlalu banyak, dapat dilakukan 2 hari sekali.
3.    Buat 2 (dua) lembar lapisan karpet atau liners khusus untuk 1 (satu) sangkar burung. Ini dimaksudkan agar ketika kita akan mengganti pakan dan minuman di pagi hari, kita sekaligus mengganti lapisan karpet atau liners khusus kotot dengan lembaran yang bersih dan kering yang telah siap untuk masing-masing sangkar burung.
4.    Tempatkan karpet atau liners yang kotor dalam suatu wadah yang tertutup. Bila kita memiliki waktu luang, segera bersihkan dan keringkan di sore hari atau malam hari. Sehingga pada keesokan paginya, karpet atau liners telah kering dan bersih serta sudah siap dipakai kembali. Demikian berulang kita lakukan.
5.    Pilihlah sangkar burung yang mudah dibersihkan. Untuk sangkar burung yang berbahan kayu, kita dapat membersihkan sangkar burung dengan menggunakan kuas cat kecil setelah kita menyemprotnya dengan air. Ini dilakukan guna menghilangkan kotoran burung yang menempel di sekeliling sangkar.
Bila kotoran burung menumpuk di sangkar, akan menjadi sumber penyakit. Kebersihan sangkar sangat penting untuk menjaga kesehatan burung. Demikian artikel ini semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Selanjutnya kita akan mencoba menampilkan topik tentang keselarasan jenis sangkar burung.
Share this article :

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Tempat Berbagi Ide Tentang Sangkar Burung | Artikel Seputar Sangkar Burung Ukir - All Rights Reserved - Privasi
Proudly powered by Blogger